proposal bisnis


Café Yoghurt


Studi Kasus :
Café Yoghurt
Minuman Segar dari Yoghurt

Rencana Bisnis
Juni 2012

I. RINGKASAN EKSEKUTIF (EXECUTIVE SUMMARY)

Café Yoghurt adalah konsep café khusus yang menyediakan minuman yang berbahan baku yoghurt asli yang di datangkan langsung dari produsen yoghurt dan susu ternama “CIMORY”

Café Yoghurt menawarkan pelanggannya minuman segar berbahan baku yoghurt. Seperti, sop buah yoghurt, yoghurt shake beraneka varians. Selain itu café yoghurt juga menyediakan makanan dan cemilan yang sangat disukai oleh anak – anak, remaja dan orang dewasa.

Café Yoghurt yang pertama akan dibuka di Bogor, gerainya akan berada di mall – mall besar dan di daerah yg strategis untuk didatangi. Café Yoghurt akan buka di mall Botani Square, Ekalokasari, Bogor Junction dan di daerah Bantarjati.

Peluang membuka usaha café Yoghurt ini masih memiliki peluang yang cukup besar, karena café yang menawarkan minuman berbahan yoghurt sangat digemari oleh semua kalangan usia di masyarakat.

Elemen – elemen utama yang ditawarkan oleh Café Yoghurt pada umumnya adalah :

{     Produk yang berkualitas tinggi dari yoghurt asli dan bahan – bahan Indonesia.
{     Layanan konsumen yang prima
{     Metode pemasaran yang unik
{     Lokasi gerai yang nyaman
{     Desain dan atmosfer gerai yang cozy dan hangat

Tahap awal dari rencana bisnis ini adalah membuka gerai seluas 200m2, tetapi target jangka panjang adalah ekspansi agresif di seluruh mall terkemuka di kota – kota besar lain.

II. BISNIS

a. Konsep Bisnis

Café Yoghurt adalah konsep café khusus yang menyediakan menu yoghurt sehat dan kombinasi buah – buahan segar sehingga dapat diolah menjadi menu yang sehat.

Café Yoghurt menawarkan pelanggannya minuman segar berbahan baku yoghurt. Seperti, sop buah yoghurt, yoghurt shake beraneka varians. Selain itu café yoghurt juga menyediakan makanan dan cemilan yang sangat disukai oleh anak – anak, remaja dan orang dewasa.

Café Yoghurt yang pertama akan dibuka di Bogor, gerainya akan berada di mall – mall besar dan di daerah yg strategis untuk didatangi. Café Yoghurt akan buka di mall Botani Square, Ekalokasari, Bogor Junction dan di daerah Bantarjati.

Peluang membuka usaha café Yoghurt ini masih memiliki peluang yang cukup besar, karena café yang menawarkan minuman berbahan yoghurt sangat digemari oleh semua kalangan usia di masyarakat.

Berikut ini adalah 5 elemen utama yang ditawarkan oleh Cafe Yoghurt yang membedakannya dengan cafe lainnya :

  • Produk yang berkualitas tinggi

Café yoghurt didirikan untuk menyediakan yoghurt dengan kualitas terbaik. Penawaran ini akan menjadi jawaban untuk kebutuhan konsumen terhadap minuman yang sehat. Menu diracik dengan sentuhan professional untuk menciptakan produk yang berkualitas dan sehat,

  • Layanan konsumen yang prima

Tujuan perusahaan adalah mengembangkan pelayanan terbaik terhadap konsumen. Dengan memberikan pelayanan terbaik diharapkan dapat memberikan citra café yang baik di mata konsumen, karena pelayanan yang baik akan menciptakan kenyamanan bagi konsumen yang berkunjung.

  • Persediaan barang dagang dan metode pemasaran yang unik

Perusahaan akan menerapkan strategi pemasaran dan persediaan barang dagangan yang agresif yang akan dirancang untuk menciptakan dan mempertegaskan citra merk perusahaan. Perusahaan akan menggunakan logo Café Yoghurt secara eksentif pada presentasi produknya yang inovatif, kemasan, dan selebaran. Sebagai tambahan, karyawan juga menawarkan berbagai macam konsep pemasaran yang kreatif, seperti sampel gratis dari menu special hari ini, kartu member, poster, topi dan t-shirt.

  • Lokasi gerai yang nyaman

Lokasi gerai yang berada di mall – mall ternama dan lokasi yang memiliki tingkat lalu lintas pengunjung yang sangat tinggi dan merupakan area yang komersial. Hal ini memberikan manfaat ganda bagi para konsumennya, karena masih bias berjalan – jalan di mall setelah atau sebelum berkunjung ke cafe kami.

  • Desain dan atmosfer gerai yang cozy dan hangat

Café yoghurt di desain dengan konsep yang cozy dan hangat. Hal ini dapat dirasakan dengan melihat interior dan property yang digunakan dalam café. Sejalan dengan kebutuhan masyarakat kota yang memiliki tingkat mobilitas tinggi akan disediakan juga fasilitas wifi dan akses internet gratis.


b. Produk yang ditawarkan

Meskipun menmu utama adalah Yoghurt, tetapi perusahaan juga menawarkan berbagai kudapan pelengkap,

  • Menu Yoghurt

Café Yoghurt menawarkan minuman berbahan yoghurt segar yang berasal dari “CIMORY” yang sudah terjamin kualitasnya. Yoghurt disajikan dengan buah-buahan segar, yaitu Sop buah yoghurt dan yoghurt yang di sajikan dengan campuran susu dan di campur dengan buah-buahan segar menjadi Yoghurt shake
  • Menu lainnya

Menu lainnya yang ditawarkan adalah :
-         pudding yoghurt dengan beraneka rasa buah – buahan segar
-         jus buah segar
-         hot chocolate
-         air mineral

  • Makanan dan cemilan
   
    - spaghetti bolognise dan carbonara
    - berbagai jenis keripik dan cemilan lainnya
    - jenis kue dan roti, muffin, cupcakes

c. Harga

Harga yang di tawarkan oleh café yoghurt sangat terjangkau

Berikut daftar harganya :

  • Sop buah yoghurt                                Rp.15.000
  • Yoghurt Shake                         Rp.15.000
  • Pudding Yoghurt                                 Rp.8.000
  • Spaghetti                                             Rp.15.000
  • Jus                                                       Rp.10.000
  • Kue dan snack                         Rp.8.000 – Rp.15000

Harga yang ditawarkan relatif bersaing dibandingkan dengan pesaing.

d. Persediaan barang dan pemasaran

Ì    Strategi pemasaran perusahaan adalah menciptakan tingkat kesasdaran merk, mendorong terjadinya pembelian melalui berbagai materi promosi dan edukasi yang ditawarkan perusahaan.

Ì    Implementasi strategi ini meliputi hal – hal berikut :

·         Memberikan sample gratis kepada konsumen agar menarik perhatian konsumen terhadap produk perusahaan.
·         Penawaran kartu member untuk konsumen yang ingin mendapatkan penawaran khusus saat ada event tertentu
·         Layanan proaktif karyawan melatih dan mendidik karyawan mengenai teknik layanan dan persiapan serta cara melayani konsumen dengan antusias
·         Memberikan jasa delivery order secara gratis pada konsumen yang memiliki kartu member
·         Penempelan logo, media luar ruang dan sebagainya

Ì    Bentuk lain strategi merchandising adalah tampilan kemasan yang menarik dan atraktif. Yang dirancang dengan bahan yang aman bagi lingkungan dan didesain dengan logo perusahaan yang menarik dan atraktif

e. Layanan Pelanggan

  • Untuk meningkatkan layanan terhadap pelanggan dan konsumen, café yoghurt akan menyelenggarakan pemasaran internal melalui proses recruitment, pelatihan dan motivasi para karyawannya
  • Karyawan juga diberikan pelatihan mengenai product knowledge yang dihasilkan oleh perusahaan
  • Karyawan akan menggunakan seragam yang trendy dan casual, tetapi tetap rapi dan bersih

f. Desain Gerai

  • Café Yoghurt akan dirancang dengan konsep cozy dan hangat. Suasana yg akan dimunculkan adalah kehangatan, simple, modern, familiar, bersih, bergaya dan tentunya menyenangkan. Perusahaan akan bekerjasama dengan arsitek desain interior yanghandal dan terkemuka agar konsep yang dirancang tersebut dapat terrealisasikan.

g. Lokasi dan pilihan wilayah

  • Pilihan lokasi dan wilayah gerai adalah dengan kriteria mall dengan lalu lintas pengunjung yang tinggi, mudah dijangkau dan terlihat dari jarak yang cukup jauh.
  • Pilihan mall – mall yang terkemuka di wilayah Bogor, seperti Botani Square dan Ekalokasari Plaza.

h. Pasokan Barang Dagangan

  • Bahan baku untuk menu serba Yoghurt
  • Kudapan Penunjang

i. Operasi gerai dan manajemen

  • Gerai akan dioperasikan oleh satu manajer toko yang akan bekerja full time dan enam orang pegawai pendukung yang akan bekerja part time
  • Jam operasi gerai adalah pkl. 10.00 – 21.00 setiap hari

III. Pasar

  • Perusahaan mempertimbangkan jenis pasar yang relevan yaitu pasar resto dan café di Indonesia
  • Selain itu perlu dipahami pula segmen pasar yang akan dijadikan pasar sasaran café yoghurt, perilaku konsumen ke café dan positioning yang akan digunakan café yoghurt
  • Segmentasi pasar
Segmentasi pasar yang digunakan oleh café  yoghurt berdasarkan hasil survey yang telah dilakukan adalah :

o       Gaul Glam  / The Networking Pleasure Seeker
o       Ibu – ibu PKK / The Optimistic Family Person
o       Anak Nongkrong / The Change Expert Lad
o       Lembut Hati / Cheerful Humanist

Segmentasi pasar tersebut dipilih karena sesuai dengan tema serta desain café yang dibuat oleh perusahaan.

Perilaku Konsumen ke café
  • Salah satu ciri dari masyarakat Indonesia, kkhususnya masyarakat perkotaan adalah suka berkumpul dengan teman, kerabat, maupun rekan sekantor. Tempat berkumpul pada umumnya adalah di café, fitness center, arisan dan sebagainnya. Itulan sebabnya banyak didirikan tempat – tempat yang memiliki fasilitas seperti itu agar dapat memenuhi kebutuhan konsumen.
  • Pergi ke café merupakan tren bagi masyarakat perkotaan saat ini. Hal ini juga dipicu oleh perilaku masyarakat yang sangat konsumtif yang telah dimudahkan oleh fasilitas – fasilitas yang sengaja diciptakan oleh perbankan dengan program kartu kredit.
  • Perilaku konsumen yang seperti itu telah menjadi peluang usaha yang sangat baik bagi café yoghurt

Positioning

  • Agar dapat menarik perhatian calon pelanggan, café yoghurt merancang sebuah strategy positioning yang atraktif
  • Statement yang digunakan oleh café yoghurt adalah “Hidup sehat dengan Yoghurt”

IV. PELANGGAN

  • Pasar sasaran Café Yoghurt adalah anak – anak, remaja hingga orang dewasa.
  • Perusahaan berharaptingkat pembelian ulang konsumen cukup tinggi. Selain itu juga diharapkan sekitar 70% pesanan melalui take away.

V. PERSAINGAN

  • Persaingan utama berkaitan dengan kualitas produk, layanan, pengenalan akan nama merk dan lokasi gerai.
  • Café yoghurt akan bersaing langsung dengan sesama kedai yang juga menyediakan menu utama yoghurt

VI. MANAJEMEN

  • struktur manajemen berkaitan dengan aspek – aspek :
    • profesionalisme
    • keahlian dalam mengatur keuangan, manajemen dan aspek hokum
    • atribut pribadi seperti, daya inisiatif, ambisi dan determinasiserta integritas

VII. PROYEKSI KEUANGAN

Modal
Ringkasan modal adalah sebagai berikut :
  • Biaya sewa gerai (untuk 1 tahun sewa)                                             Rp. 10.000.000
  • Biaya Rancangan Interior                                                       Rp. 20.000.000
  • Peralatan                                                                                Rp.  9.000.000
  • Biaya lain – lain                                                                                  Rp.  7.000.000 +
Rp. 46.000.000

Penjualan
  • Asumsi penjualan tahap awal adalah rata – rata 150 orang setiap hari untuk lima bulan pertama

Product Mix
  • Manajemen berasumsi bahwa 75% konsumen akan membeli rangkaian produk yoghurt dan 25% membeli kudapan pelengkap

Gaji
  • Manajemen akan membayar gaji manajer toko full time sebesar Rp. 35.000.000 per tahun. Karyawan part time akan digaji sebesar Rp. 1.500.000 pper bulan

Kinerja keuangan

Kinerja keuangan di proyeksikan sebagai berikut :
  • Gross Margin                          70%
  • Operating CF/Sales                 15%
  • Operating CF/Interest             200%
  • Operating CF/Investment       25%

Tidak ada komentar:

Posting Komentar